Tim KKN UNDIP dan UMKM Desa Wedusan

  • Feb 17, 2019
  • azzarkasyi
  • BERITA, POTENSI DESA

Jumat, (8/2) pukul 14.30 WIB, Tim KKN UNDIP Desa Wedusan melaksanakan salah satu program Multidisiplin yaitu edukasi mengenai strategi pemasaran kepada UMKM yang ada di desa Wedusan. Ibu Tin yang memiliki usaha kripik singkong, dan Bapak Abdul yang membuka usaha carang madu yang kebetulan dikelola oleh mereka sendiri. Tujuan dilaksanakannya program ini adalah agar kedua UMKM ini dapat lebih memahami mengenai strategi pemasaran, langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan agar penjualan meningkat. Kegiatan yang dilakukan berfokus mengenai langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan agar pemasaran dapat dilakukan dengan efektif. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan strategi pemasaran yang efektif diantaranya yaitu konsistensi, perencanaan, strategi, target pasar, anggaran, marketing mix, website, branding, pemasaran online dan membangun relasi. Semua langkah tersebut merupakan aspek penting yang harus diperhatikan oleh UMKM yang ingin meningkatkan penjualan mereka. 1. KONSISTENSI, Bertujuan agar dapat memebantu mengurangi biaya marketing serta meningkatkan efektivitas penciptaan merek. 2. PERENCANAAN, Luangkan waktu sebanyak mungkin untuk merencanakan strategi marketing yang efektif, anggaran yang dibutuhkan serta konsep lainnya agar usaha kecil anda dapat berkembang dengan pesat 3. STRATEGI, Beberapa hal yang biasanya dibahas saat menyusun rencana strategi adalah siapa target pasar, bagaimana cara membidik pelanggan, serta bagaimana cara menjaga agar konsumen yang ada menjadi pelanggan tetap 4. TARGET PASAR, Definisikan secara tepat pangsa pasar apa yang sedang dituju, caranya dengan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki 5. ANGGARAN, menyusun anggaran membutuhkan tingkat keakuratan yang tepat. sebab dari anggaran yang telah dibuat tersebut, dapat menentukan berapa dana yang dibutuhkan untuk melakukan pemasaran. 6. MARKETING MIX, anda perlu memutuskan secara spesifik produk atau jasa, berapa harga yang sesuai, bagaimana dan dimana anda akan mendistribusikan produk yang anda butuhkan, serta bagaimana cara agar orang lain dapat mengetahui mengenai produk apa yang sedang anda tawarkan 7. WEBSITE, sekarang ini, semua usaha bisnis membutuhkan website untuk memberikan informasi mengenai produk yang sedang anda tawarkan, sebab hampir 60 persen konsumen yang datang mendapatkan informasi melalui internet 8. BRANDING, Usaha kecil tentunya membutuhkan brand, mulai dari gambar, logo serta produk unggulan yang dihasilkan agar dapat dikenal oleh masyarakat sehingga makin berkembang 9. PEMASARAN ONLINE, merupakan salah satu strategi yang menggunakan media sosial untuk melakukan promosi dan iklan. melakukan hal ini cukup mudah, Anda hanya perlu membuat suatu akun media sosial dan melakukan promosi dengan konten yang menarik 10. MEMBANGUN RELASI, Untuk dapat menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten, tentu membutuhkan pengelolaan hubungan yang baik dengan para pelanggan. Anda tentunya tidak mau pelanggan Anda lari ke Perusahaan lainnya. Respon setelah diadakan edukasi mengenai strategi pemasaran ini positif. Ibu Tin dan Pak Abdul berharap setelah mendapatkan edukasi ini, penjualan mereka dapat meningkat dan pasar mereka dapat mencakup wilayah yang lebih luas lagi.