Sosialisai dan Pendampingan Pendaftaran Kartu PraKerja di Balai Desa Wedusan

  • Sep 07, 2022
  • Pemdes Wedusan
  • BERITA, KEGIATAN

WEDUSAN-DUKUHSETI-PATI, Rabu (6/9/2022) Pemerintah Desa Wedusan didukung oleh Kantor Advokat & Konsultan Hukum Parade Nusantara Associate Cabang Kab. Pati mengadakan Sosialisasi dan Pendampingan pendaftaran Kartu Prakerja Gratis di Balai Desa Wedusan.

Kepala Desa Wedusan, Supar, memberikan selayang pandang informasi mengenai kartu prakerja kepada warga saat membuka kegiatan ini. “Program Kegiatan Pendaftaran Kartu Prakerja ini tidak memungut biaya sepeser pun. Warga yang ingin mendaftar cukup datang ke Balai Desa dengan Membawa E-KTP, KK, No HP aktif , dan email." ungkapnya.

Kegiatan ini awalnya hanya dijadwalkan selama 1 hari saja, tapi karena antusias masyarakat yang begitu tinggi, terbukti dari list pendaftaran yang dibuka mulai pukul 09:00 sampai pukul 13:15 siang sudah tercatat ada lebih dari 265 pemohon.

Untuk itu kegiatan hari ini sementara dibatasi 100 orang warga dulu yang dibantu dalam proses pembuatan pendaftaran akun Kartu Prakerja, dan sisanya akan dilanjutkan pada hari kamis (8/9/2022), Jadi warga masyarakat besok masih ada kesempatan untuk mendaftar.

Program kartu prakerja ini adalah program bantuan dari pemerintah dalam bentuk pengembangan kompetensi dan modal kewirausahaan bagi warga yang sedang mencari pekerjaan, baru saja di PHK, terdampak covid-19, atau yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Pengembangan kompetensi berupa pelatihan yang harus diikuti secara daring oleh peserta untuk kemudian mendapat modal kewirausahaan berupa insentif Rp. 600rb/ bulan selama empat bulan.

 

Patut diingat, pendaftaran Kartu Prakerja hanya bisa dilakukan melalui situs www.prakerja.go.id. Pendaftarannya pun hanya bersifat online, tidak ada pendaftaran lainnya.

Berikut ini cara mendaftar ikut program kartu pra kerja di situs prakerja.go.id:

  1. Daftarkan akun pribadi di situs www.prakerja.go.id. Untuk ini kamu harus memasukkan email dan nomor ponsel. Selanjutnya akan dikirimkan kode verifikasi ke email atau nomor ponsel
  2. Selanjutnya log-in akun dan klik daftar kartu pra kerja dan isi formulir pendaftaran.
  3. Selanjutnya akan ada tes kemampuan dasar dan motivasi.
  4. Jika dinyatakan lulus maka kamu akan dihubungi dan memilih pelatihan yang ingin diikuti.

Persyaratan untuk Mendaftar :

  1. Peserta berusia 18-60 tahun
  2. Bukan Pelajar atau Mahasiswa
  3. Bukan Pegawai atau Pejabat Negara
  4. Belum pernah menerima Bantuan Sosial (PKH, BPNT, BSU, BST, BLT UKM/BPUM/BTPKL)
  5. NIK bukan pemilik Kartu BPJS Ketenagakerjaan
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 Kartu Keluarga (KK)