Pelatihan Operator SID Kabupaten Pati 2019

PATI-Jum’at, (24/5/2019) Sejumlah Perangkat Desa yang di tugaskan menjadi Operator SID  mengikuti Pelatihan Bimtek Program Sistem Informasi Desa (SID) di ruang PT. Media Nusa Perkasa Jl. Ahmad Yani No. 09 Desa Winong Kecamatan Pati Kabupaten PATI

Pelatihan ini diadakan dan diprakarsai  Dispermades Pati bekerjasama dengan PT. Media Nusa Perkasa Pati, dengan tujuan untuk mengembangkan sistem informasi desa berbasis internet yang pada jaman modern ini sangat dibutuhkan, juga untuk meningkatkan Kapasitas Aparatur Perangkat Desa dalam menyampaikan informasi tentang desa kepada publik, baik itu informasi tentang Profil Desa, Potensi Desa, Kabar Desa, dan lain-lain.

Meskipun dilaksanakan pada bulan Puasa dan  berlangsung selama kurang lebih 7 jam, peserta pelatihan tetap bersemangat dan antusias dalam memahami pelatihan ini. Hal ini dibuktikan dengan  banyaknya tanya jawab antar Peserta dan Narasumber yang sering terjadi pada setiap sesinya.

Sesuai rencana pelatihan ini akan dilaksanakan selama 10 bulan ke depan agar Operator SID ini benar-benar bisa menguasai dan diharapkan informasi yang disampaikan Kepada Publik bisa Akurat, Transparan, dan Aakuntabel.

Alman Eko Darmo
Alman Eko Darmo, Jurnalistik Senior menyampaikan materi pada Peserta Pelatihan.

Dalam salah satu sesi pelatihan SID tersebut menghadirkan Alman Eko Darmo seorang jurnalistik legendaris yang menjadi salah satu tokoh yang ikut campur tangan dalam perkembangan baik Harian Suara Merdeka, Beliau memberikan Pengenalan tentag Dasar-dasar Jurnalistik. dalam penulisan jurnalistik seorang jurnalis/wartawan harus mengerti etika jurnalistik sesuai Undang-Undang No 40 Tahun 1999 tentang Pers. melalui rumus 5W 1H (Who, What, When, Where, Why dan How).

Pelatihan tersebut dilaksanakan secara bertahap dan berkelompok bertujuan untuk memberikan ruang lebih nyaman dan peserta pelatihan lebih fokus dan maksimal mendapatkan materi pelatihan SID.

Tujuan Pelatihan

Peserta Operator diberikan pembekalan materi dan wawasan mengenai pengelolaan Website Desa dan Ilmu Jurnalistik oleh para ahli dibidangnya masing-masing. dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan bisa menambah sumber pendapatan masyarakat Desa melaui penulisan Berita, Iklan, dan Karya-karya lain yang bisa di akses oleh masyarakat umum.

Sitem Informasi Desa (SID) sendiri merupakan seperangkat alat meliputi fasilitas Perangkat Keras dan Perangkat Lunak, Jaringan, serta sumber daya manusia yang dikelola oleh Pemerintah Desa untuk mendukung pengelolaan dan pemanfaatan data desa yang diatur dalam bagian ketiga UU Desa Pasal 86.

Sistem Informasi Desa adalah bagian tak terpisahkan dalam implementasi Undang-Undang Desa. Dalam bagian ketiga UU Desa Pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan jelas disebutkan bahwa “desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota”. Sumber : UU 6 Tahun 2014 Tentang Desa. (azzarkasyi)

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply