Susun Data Pemilih, PPS Desa Wedusan Ikut Berpartisipasi ‘Coklit’ Serentak 20 Januari 2018

Desa Wedusan Kec. Dukuhseti Kab. PATI, Mengawali Tahapan Gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Serentak Nasional, KPU telah mencanangkan adanya gerakan coklit serentak yang akan dilakukan pada 20 Januari. Seluruh PPDP wajib mencoklit data penduduk minimal 5 rumah.

PPS Desa Wedusan pun melakukan proses pencocokan dan penelitian (Coklit) terhadap data Daftar Pemilih Potensial Peserta Pemilu (DP4) pada 20 Januari secara serentak selama sebulan.

Ketua PPS Desa Wedusa “Afif Taifur Alam, S.I.P. mengatakan tujuan utama Coklit untuk menyusun dan memperbaiki daftar pemilih agar mendapatkan data yang akurat pada pelaksanaan Pilkada 2018. Teknis pelaksanaan program ini dengan cara mengerahkan petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) ke rumah warga secara door to door.

Tugas utama personil PPDP ialah mencocokan data di satu keluarga dengan data DP4 guna mendapatkan data pemilih tetap.

“Tugasnya itu dicek dari rumah ke rumah, apakah benar di rumah ini ada tiga atau empat orang yang sudah masuk hak pilih, dicek tanggal lahirnya, penulisan nama, jenis kelamin, dan lainnya,” ungkapnya.

Tak hanya itu, petugas PPDP diharuskan mendata masyarakat yang sudah memiliki hak pilih namun belum terdaftar. Ia juga ditugaskan sebagai agen KPU untuk mendidik masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pemilihan umum.

“Satu PPDP itu punya target dalam satu hari itu dia biasa mendata lima rumah,” ujarnya.
Petugas PPDP itu akan turut didampingi oleh 5 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS), 1 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), 1 orang Panwas.

Afif juga meminta agar masyarakat turut aktif dan bersiap guna menyambut program ini. Ia meminta agar koordinasi antara petugas PPDP dan masyarakat di sekitarnya dijalin agar program ini berjalan lancar.

“Pemilih harus siap-siap, jangan pas petugas datang, dia lagi pergi. Makanya perlu petugas PPDP dan pemilih bisa berkomunikasi kapan bisa bertemu,” kata Afif. (@desawedusan)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply